Mitsubishi Naikkan Target Penjualan Pajero Sport 750 unit setiap Bulan

kompas otomotif

http://otomotif.kompas.com/read/xml/2009/10/06/10421086/Mitsubishi.Naikkan.Target.Penjualan.Pajero.Sport.750.unit.setiap.Bulan

Selasa, 6/10/2009 | 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com-Dengan tingginya minat konsumen Indonesia terhadap Pajero Sport, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang sebelumnya cuma menargetkan penjualan 600 unit per bulan, menaikkannya menjadi 750 unit per bulan.

Hal disebut disampaikan langsung oleh Direktur Pemasaran KTB, Rizwan Alamsjah SE, kemaren kepada wartawan di Puri Marina Ancol dalam acara Test Drive Pajero Sport. Padahal, saat peluncuran, Mitsubishi menargetkan penjualan sampai akhir tahun hanya 500 unit.

“Sebelum kita telah merevisi dengan target 600 per bulan. Ternyata permintaan tetap tinggi karena sekarang dinaikkan menjadi 750 unit per bulan,” jelas Rizwan. Ditambahkan pula, 80 persen dari Pajero yang dijual di Indonesia adalah versi 4×2.

Sejak diluncurkan, pertengahan Juni lalu, sampai akhir Agustus 2008, berdasarkan data yang dimiliki KOMPAS.com, Pajero Sport telah mencapai penjualan (retail) 551 unit. Inden SUV yang dibuat di Thailand ini ternyata cukup panjang. Seperti Eddy Setiawan, penginden yang seorang ikut mencoba Pajero Sport di trek pantai Puri Marina, Ancol, harus menunggu sampai Februari tahun depan.

Dengan naiknya target penjualan Pajero Sport di Indonesia, maka kini posisi KTB dalam menjual SUV ini menjadi nomor dua di Asean setelah Filipina. Negara tetangga tersebut menjual Pajero Sport 800 unit per bulan.

Di Indonesia, Pajero Sport masuk ke segmen SUV “high”. Penjualan retailnya per bulan sampai Agustus 2009, di bawah Honda CR-V, Toyota Fortuner dan Nissan XTrail.

Saingan Pajero Sport, adalah Chevrolet Captiva, Honda, CR-V, Ford Escape dan Everest, Nissan X-Trail, Toyota Fortuner, Hyundai Santa Fe, Mazda Tribute. Pasar SUV di Indonesia cenderung naik dalam tiga bulan terakhir.

September Turun. Sementara itu, whole sale Mitsubishi selama September, menurut Rizwan mengalami penurunan dibandingkan Agustus. Untuk September Rizwan hanya memberikan angka 3.600 unit. Kalau memang segitu, berarti terjadi penurunan yang sangat besar, yaitu mencapai 47,3 persen atau hampir separo. “Selama September hari kerja efektif hanya dua minggu,” jelas Rizwan.

Dijelaskan pula, penurunan penjualan terbesar selama September dialami oleh kendaraan komersial. Dalam hal ini, Mitsubishi menguasai pasar sampai 60 persen di Indonesia. “Kendaraan penumpang, juga turun namun tidak banyak,” lanjutnya.

Juga dijelaskan, setelah lebaran, kendaraan komersial mengalami pemulihan lebih cepat dan sangat mencolok dibandingkan mobil penumpang. Karena itulah, meski terjadi penurunan September, ia otpimis penjualan semester kedua pada 2009 lebih tinggi dibandingkan semester pertama.

Total penjualan retail SUV “high” dari Januari sampai Agustus mencapai 16.283 unit atau 5,3 persen dari total kendaraan yang terjual di Indonesia, 305.356 unit. Penjualan tersebut tidak berbeda jauh dengan SUV “medium” yang terdiri dari Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Suzuki Vitara, dengan total penjualan 17.301 unit. Total penjualan SUV selama 8 bulan di Indonesia mencapai 33.602 unit, termasuk vesi mewahnya, seperti VW Touareg.

ZBJ




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: