Nih, Mobil Hybrid dari Subaru

Senin, 12/10/2009 | 15:38 WIB

subaru

http://otomotif.kompas.com/read/xml/2009/10/12/15384973/Nih..Mobil.Hybrid.dari.Subaru

TOKYO, KOMPAS.com – Setelah mengumumkan rencananya memproduksi mobil hibrida, paling cepat dua tahun lagi, akhirnya Subaru membocorkan sosok kendaraan ramah lingkungan milik mereka dalam bentuk sketsa, akhir pekan kemarin. Namun wujud aslinya akan ditampilkan dalam ajang pameran dwi tahunan Tokyo Motor Show 2009, akhir bulan ini.

Jelas sekali, sosoknya berupa sedan yang mengombinasikan teknologi dan keamanan tinggi, mesin boxer dengan berpenggerak semua roda (all wheel drive=AWD) sebagai ciri khas Subaru. Selain itu, deain sengaja diciptakan bergaya sporty dengan pintu model gunting (gullwing). Menariknya, termasuk kacanya yang juga model gunting.

Desain pintu kiri dan kanan sangat lebar, sehingga memudahkan penumpang jok belakang ke luar dengan mudah. Bahkan ruang penumpang teramat lega lantaran lantai belakang rata. Ditambah aplikasi kaca memiliki lapisan (semacam kaca film) yang mampu mengurangi kelelahan mata. Kemudian jok dan dinding pintu dilapisi kulit berpori-pori sehingga bisa bernafas, untuk menciptakan kenyamanan lebih.

Masuk ke pusat tenaga, di balik kap mesin terdapat mesin bensin empat silinder berkapasitas 2.000cc dengan fitur direct injection, turbocharging, sekaligus transmisi model continious variable valve timming (CVT). Sementara sistem hibrida mengombinasikan tenaga konvensional dengan motor listrik ganda, satu di gardan depan dan lainya di belakang.

Sistem kerjanya, ketika mobil melesat dalam kecepatan sangat rendah (5-40 km/jam) motor listrik bagian belakang menjadi penggerak utama. Ketika masuk kecapatan normal di atas 40 km/jam, mesin bensin menjadi pemasok tenaga tunggal dengan turbo sehingga performa mobil tangguh. Saat berakselerasi tinggi, motor listrik otomatis menyala menyodorkan bantuan tenaga ke kaki-kaki untuk menghasilkan tenaga optimal.

Saat memasuki jalanan perbukitan, motor listrik depan langsung mengambil alih pusat tenaga dari baterai lithium.

Untuk menghemat bahan bakar, sistem mobil mampu mematikan mesin kala mobil dalam keadaan berhenti. Selain itu juga terdapat fitur brake energy recovery system di mana saat pengereman sekaligus untuk meng isiulang baterai seperti yangterdapat di mobil hybrid umum.

Mobil ini mengaplikasikan fitur baru yang diberi nama EyeSight, merupakan sistem pemandu pengemudi yang mampu mengurangi bahaya terjadinya tabrakan dari lingkungan sekitar laju kendaraan menggunakan teknologi kamera. Jadi, pengemudi bisa mendeteksi datangnya kendaraan dari depan (blind spots) atau memperingati agar melakukan manuver yang tepat melalui berbagai sinyal dari dalam kabin.




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: