Wakaba Segera Diluncurkan di Bandung

Baban Gandapurnama – detikOto
Selasa, 13/10/2009 12:57 WIB

wakaba-dalam

http://oto.detik.com/read/2009/10/13/125758/1220537/648/wakaba-segera-diluncurkan-di-bandung

Bandung – Masih ingat mobil Wakaba? Mobil berpenggerak roda two wheel drive (2WD) dari Bandung. Wakaba akan diluncurkan di Bandung pada pekan ini.

Peluncuran dilaksanakan di sela-sela ‘Bandung OTOFEST 2009’ pada 16-18 Oktober nanti di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro.

“Wakaba itu singkatan dari Wahana Karya Anak Bangsa. Kendaraan tersebut hasil kerja bareng Working Group Klaster Industri Komponen Otomotif Jabar dan Design Center Fakultas Teknik Universitas Pasundan,” jelas Kadisperindag Jabar Agus Gustiar di kantor Disperindag Jabar, Jalan Asia-Afrika, Selasa (13/10/2009).

Launching Wakaba, kata Agus Gustiar, menjadi sesi penting dalam hajatan otomotif prestisius bertajuk ‘Bandung OTOFEST 2009’ yang akan dilaksanakan 16 hingga 18 Oktober di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro.

“Diharapkan kendaraan tersebut menjadi spirit tumbuhnya industri otomotif nasional masa depan yang berbasiskan Industri Kecil Menengah (IKM),” jelas Agus Gustiar.

Sementara itu, Wakil Ketua Working Group Klaster Industri Komponen Otomotif Jabar, Wisnuadji, menjelaskan Wakaba merupakan kendaraan multifungsi yang cocok di segala medan.

Menurut Wisnuadji, kendaraan ini dirancang untuk berbagai jenis kendaraan. “Antara lain sebagai mobil pengolah lahan, mobil angkut hasil pertanian, mobil angkutan umum pedesaan dan mobil untuk berjualan,” jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini kendaraan produksi yang beredar di Indonesia belum ada yang dirancang secara khusus untuk masyarakat saerah terpencil dan pedesaan. Maka itu, kata Wisnuadji, Wakaba ialah solusi bagi masyarakat serta harapan baru tumbuhnya industri nasional masa depan.

“Ya, kendaraan multifungsi ini dikembangkan dengan peruntukan pengolahan, angkutan dan distribusi hasil bumi yang akan meningkatkan kesejahteraan petani,” paparnya.

Tidak hanya Wakaba, beberapa mobil nasional seperti Arina, Komodo dan kendaraan buatan PT KAI dan PT Pindad juga akan dipajang.

Menurut Agus Gustiar, acara ‘Bandung OTOFEST 2009’ diharapkan mampu membangkitkan industri otomotif tanah air serta bisa bersaing dengan produk otomotif luar negeri.

“Di saat gempuran kendaraan asal luar negeri yang terus hadir di tanah air, sudah saatnya pelaku industri otomotif nasional bangkit. Buktikan bahwa karya anak bangsa membuat kendaraan tak kalah bersaing dengan produk asing,” jelas Agus Gustiar.

Dia menambahkan, hajatan tersebut mengusung tema ‘Desain Kreatif Sebagai Kekuatan untuk Menjadikan Indonesia Sebagai Pusat Indusri Komponen di Asia Tenggara’. Maka itu, kata dia, ajang even ini merupakan kesempatan bagi Jabar untuk menjadi pusat komponen otomotif dalam negeri.

Acara yang digelar tiga hari nanti, tambah Agus Gustiar, menampilkan juga sejumah kegiatan menarik lainnya. Di antaranya Seminar Komponen Otomotif, Workshop Desain Otomotif, Bursa Komponen Otomotif.

“Selain itu ada lomba fotografi, pameran otoclub, uji emisi, bengkel gratis, OB Van contest dan live music yang menyamarankan event ini,” jelasnya. ( bbn / ddn )




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: